Membuat Grafik berdistribusi Poisson menggunakan Excel 2007

Dari judulnya mungkin sebagian orang akan asing dengan kalimat distribusi Poisson, tapi bagi orang-orang yang terbiasa dengan statistika tentu tidaklah asing dengan kalimat tersebut. Pada pembahasan ini, saya akan berikan langkah-langkah cara membuat grafik dengan mengikuti distribusi Poisson.

Mula-mula kita bangkitkan data terlebih dahulu tentunya data tersebut nantinya mengikuti distribusi Poisson. Ini adalah langkah terpenting dari Proses ini. Misalkan, akan dibuat beberapa kelompok data masing-masing mengikuti distribusi Poisson dengan parameter (Lambda) 1, 2, 4, 7,dan 10. Sebagai contoh, letakkan 1 di cell B2, 2 di cell C2, 4 di cell D2, 7 di cell E2, dan 10 di cell F2. Misalkan pula, untuk masing-masing nilai suatu kejadian (x), diletakkan di kolom A. Misalkan, ada 21 kejadian, di mulai dari 0 sampai dengan 20 kejadian. Untuk 0 letakkan di cell A4, 1 di cell A5, dan seterusnya sampai dengan 20 di cell A24.

Selanjutnya untuk membuat data simulasi, digunakan fungsi “poisson”. Pada cell B4, masukkan fungsi seperti berikut =POISSON($A4,B$2,FALSE)”, tanpa tanda kutip. Alamat A4 berarti nilai kejadian, karena di cell A4 adalah 0 maka banyak kejadian adalah tidak ada atau 0. Adapun tanda $ adalah untuk kolom A akan dikunci. Untuk pembahasan ini, akan saya jelaskan pada bahasan lainnya. B2 berarti rata-rata (lambda) dari data. Selanjutnya, False berarti nilai peluang dari suatu kejadian tidak dijumlahkan dengan nilai peluang dibawah kejadian tersebut. Artinya nilai peluang adalah sesuai dengan nilai peluang pada kejadian itu. Misalkan untuk 2 kejadian peluangnya adalah 0,18, maka nilai yang ditampilkan adalah 0,16. Ini akan berbeda jika di pilih “TRUE”. Perintah ini akan menjumlahkan (kumulative)  nilai peluang yang ada dengan kejadian-kejadian dibawahnya. Misalkan untuk 2 kejadian nilai tidak akan menjadi 0,18 tapi 0,92, hal ini terjadi karena peluang 2 kejadian dijumlahkan dengan peluang 1 kejadian dan 0 kejadian. Semoga dapat dimengerti. He…3x.

Langkah selanjutnya, mengcopy fungsi yang telah dibuat. Letakkan kursor pada cell B4, arahkan mouse pada kotak kecil pojok bawah pada cell tersebut, klik 1 kali dan tahan, selanjutnya gerakkan sampai dengan F24 dan lepaskan.

Pada proses ini, telah berhasil di buat sekelompok data nilai peluang dari suatu kejadian yang mengikuti distribusi Poisson dengan Parameter yang berbeda.

Langkah selanjutnya adalah membuat grafik berdasarkan data yang telah dibuat. Disini, di gunakan tipe grafik Scatter. Mula-mula blok lah data dari A4 sampai dengan F24. Selanjutnya pilih menu Insert, dib again Charts pilih Scatter, kemudian Scatter with Straight Lines and Markers.

Dan diperoleh hasil sebagai berikut:

Lakukan beberapa pengeditan dan modifikasi, sehingga diperoleh tampilkan yang disenangi. Pada pembahasan ini tidak dijelaskan cara pengeditan dan memanipulasi grafik.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…

Adapun untuk mendownload tutorial ini dalam bentuk word 2007 beserta file aslinya dalam excel2007 silakan klik disini.

1 Komentar

  1. jumayan said,

    Juni 29, 2009 at 1:31 am

    assalaamu’alaikum.
    apa perbedaan antara regresi poisson dan regresi linear?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: